Selasa, 03 September 2013

Pembukuan Sederhana



PEMBUKUAN sederhana

Membukuan  transaksi keuangan sangatlah penting di lakukan bagi semua kalangan, dari ibu rumah tangga, pelajar/mahasiswa, PNS, serta pengusaha sebenarnya wajib mempunyai pembukuan mengenai keuangan yang dikelolanya. Secara sederhana pembukuan dapat diartikan melakukan pencatatan seluruh transaksi yang telah dilakukan baik itu penerimaan ataupun pengeluaran baik pengeluaran tunai maupun kredit, bila di sederhanakan lagi jika kita mendapatkan uang maka kita catat, jika kita membelanjakan uang kita catat, jika kita ngutang juga kita catat.

Pengertian Pembukuan

Pembukuan adalah kegiatan catat-mencatat  seluruh penerimaan dan pengeluaran uang dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan pembukuan

Tujuannya adalah:
·         Pada Rumah Tangga : Agar dapat mempermudah suatu keluarga dalam mengelola keuangan keluarga sehingga dapat direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Di bidang rumah tangga, pembukuan biasanya diselenggarakan oleh para ibu rumah tangga, yang dicatat antara lain penerimaaan dan pengeluaran. Itu sangatlah besar manfaatnya.
Berikut ini adalah kegunaan pembukuan di bidang rumah tangga :
*      Mengetahui besar penghasilan dan sumber penghasilan keluarga
*      Mengetahui dengan mudah dan cepat besarnya Harta, Utang dan Modal
*      Pedoman rencana pengeluaran pada bulan-bulan selanjutnya
*      Mengadakan penghematan-penghematan
*      Pedoman penggunaan skala prioritas kebutuhan
*      Menghindari timbulnya prasangka dalam rumah tangga
*      Mengukur pasang surutnya situasi keuangan rumah tangga
*      Dapat melaksanakan prinsip Anggaran belanja berimbang (Balanced Budget)

·         Pada Suatu Organisasi : Mengatur jalannya keuangan perusahaan/perkumpulan guna kemajuan perusahaan/organisasi tersebut.
Berikut ini adalah kegunaan pembukuan di bidang organisasi :
*      Dasar pengambilan keputusan
*      Alat memperoleh ikhtisar tentang berbagai macam anggaran yang ada
*      Dasar untuk mengetahui jumlah penerimaan uang dan sumbernya
*      Dasar untuk mengetahui jumlah pengeluaran
*      Pedoman pembuatan rencana-rencana mendatang
*      Alat kontrol jalannya organisasi
*      Alat pertanggung jawaban pengurus
*      Dasar untuk mengetahui hak dan kewajiban perkumpulan yang belum dipenuhi.

Istilah-Istilah dalam Pembukuan

Mendebet : mencatat penambahan uang kas di kolom debet.
Mengkredit : mencatat pengurangan uang kas dalam kolom kredit
Debet : bertambah
Kredit : berkurang
Transaksi

1.      Pengertian
Transaksi adalah peristiwa penyerahan uang oleh seorang bersamaan dengan penerimaan barang yang telah dibelinya.


2.      Bukti-bukti Transaksi
Bukti-bukti transaksi adalah catatan yang kita terima setelah kita melakukan transaksi jual-beli.
Macam-macam bukti transaksi :
a.       Kwitansi
Kwitansi adalah surat bukti pengeluaran uang sebagai pembayaran atas pembelian barang utang dan ongkos angkut. Dalam lembar kwitansi biasanya terdiri dari 2 bagian yaitu Potongan kecil  yang disebut sus (souche) dan lembar kwitansi yang besar u/ menulis data kwitansi
Keterangan : Sus adalah bagian/potongan kecil dari lembar kwitansi yang ditinggal dalam buku kwitansi sebagai bukti penerimaan  pembayaran atas penyerahan jasa/barang yang dijual.

b.      Faktur atau Nota
Faktur adalah suatu dakar barang yang dikirim kepada pemesan yang memuat tentang penjelasan tentang “ nama barang,jumlah barang,dan jumlah harga yang harus dibayar oleh pembeli”
Fungsi faktur bagi penjual :
- Sebagai bukti penjualan sebagai (secara) kredit
- Sebagai bukti untuk menagih kepada pembeli
- Sebagai bukti untuk mengeluarkan barang di gudang
- Sebagai bukti pengiriman barang pada pembeli

Fungsi faktur bagi pembeli  :
- Sebagai bukti pembelian barang secara kredit
- Sebagai bukti penerimaan barang yang dibeli

Nota adalah surat bukti pembelian barang secara tunai. Isi nota menjelaskan tentang “tanggal pembelian,nama,alamat,banyaknya barang,nama barang,harga satuannya,dan jumlah harganya”

c.       Bon dan cek
Bon adalah surat bukti pengambilan uang/barang milik perusahaan pihak yang melakukannya adalah karyawan perusahaan tersebut. Bon berisi tentang “tanggal pengambilan uang/barang,jumlah uang/barang yang diambil dan nama pengambil”
Cek adalah surat perintah pembayaran/pengeluaran uang kepada bank uantuk pemegang surat cek tersebut dari pemilik rekening tabungan pada bank yang bersangkutan.

Tata Cara Membuat Pembukuan Sederhana

      1. Mencatat penerimaan dan pengeluaran secara benar dan jujur.
     2. Benar dan jujur dapat dibuktikan dengan adanya surat bukti transaksi berupa kwitansi, faktur, nota belanja baik tunai maupun kredit, dll.  Jadi semua bukti-bukti tersebut kita kumpulkan jadi satu atau kita buat fortofolionya

2 komentar: